Uncategorized

Mengenal Wisata Keraton Kasepuhan Cirebon

Cirebon merupakan salah satu kota yan ada di daerah Jawa Barat, kota ini memiliki sejarh kebudayaan islam yang sangat panjang. Hal tersebut dapat di lihat ada bangunan-bangunan peninggalan islam di Cirebon seperti Keraton Kasepuhan. Keraton Kasepuhan merupakan beberapa keraton yang ada di Cirebon. Keraton Kasepuhan sendiri berlokasi di Jalan Keraton Kasepuhan No 43, Kelurahan Kasepuhan Kecamatan Lemahlungkuk.

Keraton Kasepuhan

Keraton Kasepuhan di pimpin oleh seoarang raja yang bernaman Pangeran Emas Zainuk Arifin pada tahun 1529. Keraton ini didirikan memiliki tujuan untuk memperluas bangunana pesanggerahan Keraton Pangkuwati. Keraton Pangkuwati merupakan kerain pertamam yang beridir di Cirebon pada tahun 1430. Keraton Kaseouhan memiliki luas sekitar 25 hektar yang berdiri dari beberapa bangunan. Bangunan-bangunan tersebut adalah:

Bangunan Depan Keraton Kasepuhan

Bangunan Depan Keraton Kasepuhan

Saat pertama masuk ke dalam kawasan Keraton Kasepuhan anda akan memasuki bangunan pertama atau bangunan paling depan Keraton Kaspuhan yang di sebut Siti Hinggil. Siti Hinggil memiliki arti tanah yang tinggi atau masyarakat Cirebon biasa menyebutnya “Lemah Dhuwur”. Siti Hinggil merupakan bangunan yang terbuat dari batu bata merah dan memiliki gta arsitektur majapahit, hal itu mengikuti perkembangan zaman pada saat itu. Saat masuk ke dalam Siti Hinggil terdapat lima buah bangunan tanpa dinding, bangunan yang utama disebut denga Malang Semirang. Bangunan tersebut memiliki 6 buah tiang yang melambangkan 6 rukun iman. Namun di dalam Siti Hinggil terdapat total 20 tiang yang melambangkan sifat-sifat Allah swt.

Bagian Tengah Keraton Kasepuhan

Bagian Tengah Keraton Kasepuhan

Saat memasuki bagian tengah dari keraton kasepuhan anda akan disambut dengan sebuah gapura yang memiliki gaya arsitekur majapahit. Kata gapura sendiri berasal dari bahasa arab yaitu, Al-Ghofur yang berarti maha pengampun. Selain itu para pengunjung juga dapat melihat sebuah keraton dan benda-benda pusaka di gedung museum yang berada di dalam kompleks keraton.

Bagian Belakang Keraton Kasepuhan

Bagian Belakang Keraton Kasepuhan

Jika anda masuk ke bagian belakang dari keraton kasepuhan maka anda akan menemukan bangunan keraton Pangkuwati. Keaton Pangkuwati sendiri merupakan bangunan utama yang di bangun oleh pangeran Cakrabuana selaku kuwu. Kuwu sendiri memiliki arti pemerintah yang membantu menyebarkan agama Islam. Saat berada di dalam Keraton Pangkuwati, para pelanggan juga dapat melihat petilasan peninggalan dari Pangeran Cakrabuana dan Sunan Gunung Jati. Semua yang bangunan dan jug berbagai macam benda pusaka yang ada di Keraton masih terjaga dengan sangat sangat baik.

Wisata Ke Keraton Kasepuhan

Selain menjadi tempat untuk melesetarikan budaya Cirebon, Keraton Kasepuhan juga selalu mengadakan berbagai macam acara tradisi pada setiap tahunnya. Salah satu acara yang diselenggarakan di Keraton Kasepuhan adalah Jimat Panjang. Jimat panjang sendiri merupakan sebuah acara yang di selenggarakan unukt memperingati hari kelahiran nabi Muhammad saw.

Begitu menarik bukan Keraton Kasepuhan yang ada di Cirebon ini, untuk itu jangan lupa untuk bernkunjung ke tempat wisata tersebut agar anda dapat lebih banyak mengetahui tentang sejarah kita Cirebon. Tentunya jika anda hendak berkunjung ke tempat wisata tersebut, saran terbaik adalah anda menggunakan Jasa Rental Mobil Cirebon Vitto Rentcar untuk mempermudah perjalanan anda. Kami menawarkan harga sewa mobil cirebon termudah untuk anda, hal itu kami lakukan agar anda tidak terlalu mengeluarkan banyak biaua untuk kebutuhan transportasi anda selama di kota cirebon. Sehingga uang tersebut dapat anda gunakan untuk memberli berbagai macam oleh-oleh yang ada di Cirebon.

Pesan rental mobil di cirebon kami sekarang juga dengan cara menghubungi kami ke nomor berikut ini

Whatsapp : 081324702978

Telepon : 081324702978

SMS : 081324702978

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Call Now
Directions